Dengan perubahan pada mesin, performa Titan sedikit lebih baik dari Smash. Di Thailand, Titan ini disebut New Smash, sedangkan versi lama dengan mesin 110 disebut Smash Revo.
Dimensi. Dari dimensi tak banyak berubah. Namun, jarak sumbu roda lebih panjang 15 mm (lihat tabel). Kendati demikian, berdasarkan data dari PT SIS, ternyata Titan standar lebih berat 4 kg dari Smash. Bila menggunakan rem cakram dengan casting wheel, maka berat bertambah 2 kg sehingga total berat 102 kg.
Penampilan. Lampu dan tudung depan sekilas mirip karena format lampu depan dan penempatan lampu sein pada tudung depan serupa. Namun, bagian belakang lampu depan Titan bundar, sedangkan Smash bersudut tajam. Lampu sein posisi juga di bawah. Desain sepatbor depan juga berbeda.
Panel instrumen. Titan dengan desain 3D terdiri dari dua bagian, spidometer bulan dengan dasar putih, di dalam ada trip meter dengan dasar hitam. Indikator gigi, mulai dari bawah, naik ke atas.
Knalpot dan lampu belakang. Knalpot hanya berlapiskan krom. Titan polos tanpa aksentuasi seperti Smash. Adapun lampu belakang, kendati formatnya sama merah di tengah dan putih di samping, ada sedikit perbedaan di sudut-sudut lampu. Lantas, behel atau pegangan belakang pada Titan dicat hitam.
Mesin. Penambahan kapasitas dilakukan dengan perubahan pada diameter dan langkah mesin. Posisi mesin Titan lebih tegak dan katupnya lebih panjang. Hal itu dilengkapi dengan throttle position switch (TPS) yang digunakan juga pada Shogun.
Mesin Titan, adalah tipe long stroke atau langkah panjang. Ini bisa dilihat dengan diameter silinder 51 mm dan langkah 55,2 mm atau lebih panjang 7,6 mm dari Smash 110. Hasilnya, tenaga mesin naik 0,1 PS, sedangkan torsi naik cukup besar, yaitu 1,7 Nm. Perubahan ini dilakukan agar konsumsi bahan bakar lebih irit.
Spesikasi Smash Titan 115 vs Smash 110
Dimensi (mm) | Smash 110 | Titan 115 |
Panjang | 1.916 | 1.930 |
Lebar | 650 | 655 |
Tinggi | 1.050 | 1.050 |
Jarak sumbu roda | 1.225 | 1.240 |
Jarak mesin ke tanah | 137 | 140 |
Tinggi sadel | 775 | 755 |
Berat (kg) | 96 | 100, 101, 102 (*) |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC | Mesin |
Kapasitas | 110 cc Mesin | 113 cc |
Diameter x langkah | 53,5 x 48,8 | 51,0 x 55,2 |
Perbandingan kompresi | 9,5: 1 | 9,5 : 1 |
Tenaga maks (PS @rpm) | 8,3 @8.000 | 8,4 @8.000 |
Torsi maks (Nm @rpm) | 8,2 @5.000 | 9,9 @5.000 |
Karburator | Mikuni VM 18SH | Mikuni VM 18SH |
No comments:
Post a Comment